BACA JUGA

Raja Ampat Dan Sebuah Impian

“Life begins at the end of your comfort zone.” – Neale Donald Walsch

Rutinitas yang sama setiap hari membuat saya semakin sumpek dalam menjalani hidup. Ditambah lagi dengan skripsi yang belum kelar membuat status saya sebagai senior kampus diperpanjang secara formal. Apalagi tuntutan umur yang mengharuskan saya untuk segera menamatkan studi membuat otak saya semakin sumpek dan stres. Sepertinya saya harus mencari ketenangan dulu.
Saya teringat dengan sebuah buku kecil yang saya namai dengan “dream list”, dimana dahulu saya selalu mencatat impian-impian yang selalu ingin saya wujudkan.
Setelah lama mencari, akhirnya saya menemukan buku catatan dream list ini di tumpukan buku bacaan yang telah lama saya abaikan. Sudah saatnya untuk membaca kembali impian yang pernah saya tuliskan dan mewujudkannya. Setelah saya buka dan membaca selembar dua lembar, saya kaget, ternyata secara tidak sengaja saya sudah mencoret dan mewujudkan beberapa impian yang pernah saya impikan termasuk yang paling saya impikan sewaktu itu, berlibur ke China dan Hong Kong tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Saya termenung, ternyata kekuatan sebuah impian sangat mengagumkan.
Ternyata saya telah terlalu lama berada di zona nyaman sampai saya lupa bahwa kekuatan sebuah impian sangat mengagumkan. Saya merasa bersalah kepada diri saya yang dulu. Kemana perginya “sang pemimpi“ itu?. Tak mau berlama-lama larut dalam rasa bersalah, saya membalikkan halaman demi halaman impian saya yang belum terwujudkan dan saya menemukan sebuah impian dan sekarang, tulisan yang ada dalam buku ini menjadi impian yang ingin saya wujudkan saat ini juga. Liburan ke Raja Ampat, Papua!

Untuk pergi ke Raja Ampat, saya harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat di rasa perlu. Untuk persiapan yang sangat penting itu tidak perlu ribet lagi, karena ada #TiketKemanapun dari tiket.com yang menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api dan penyewaan mobil. Saya gak perlu ribet lagi bolak-balik hanya buat beli tiket pesawat dan pemesanan hotel nantinya.
Sebelum berangkat tentunya saya perlu membuat persiapan yang matang apalagi dari segi finansial. Karna saya berada di Sumatera Barat sedangkan Raja Ampat berada di bagian timur Indonesia tepatnya di Papua Barat, perjalanan saya bakalan memakan waktu yang lama. Perjalanan naik pesawat dua kali penerbangan tentu tak masalah karna dengan tiket.com saya akan mendapatkan kemudahan. Perjalanan saya rancang dari Sumatara Barat menuju Jakarta, kemudian dari Jakarta saya akan bertolak ke Sorong.
Sesampainya di Bandara Sorong, saya akan menuju ke Pelabuhan Sorong dan melanjutkan perjalanan menuju Raja Ampat menaiki transportasi laut. Sebenarnya saya belum pernah mencoba transportasi laut sebelumnya, pasti akan sangat menyenangkan. Mudah-mudahan saya tidak mabuk laut.
Sesampainya di Raja Ampat, saya tidak perlu khawatir untuk mencari hotel atau penginapan, tiket.com selalu menjadi andalan saya. Karna Raja Ampat adalah sebuah kepulauan dengan jumlah total 1864 pulau tentunya saya tidak akan mengunjungi semuanya. Saya tentunya harus membuat daftar tempat yang akan dikunjungi terlebih dahulu, dengan biaya yang harus saya atur sedemikian rupa dan pertimbangan saya tidak bisa berenang, saya akan melewatkan snorkeling dan sejenisnya yang berkaitan dengan berenang.
Berikut tempat yang ingin saya kunjungi di Raja Ampat:
Pulau Wayag
Pulau Wayag via twisata.com
Ikonnya Raja Ampat dengan gugusan pulau yang berwarna hijau dan warna laut yang biru bersih tentu akan sangat memanjakan mata saya nantinya. Tentunya saya akan menggunakan momen itu untuk mengabadikan setiap ciptaan Tuhan yang indah itu.

Kepulauan Piaynemo
Piaynemo Island via indonesia-tourism.com
Sebuah pemandangan yang cantik dengan menaiki sebuah bukit yang memiliki 200 anak tangga tentu akan sangat menyenangkan nantinya. Ditambah dengan spot foto yang sempurna akan membuat otak saya menjadi fresh kembali.

Telaga Bintang
Telaga bintang via raja-ampat.biz
Saya ingin melihat secara langsung sebuah laguna yang menyerupai bintang dengan air laut yang bersih berwarna toska yang menakjubkan.

Pulau Salawati
Pulau Salawati via ksmtour.com
Puas menikmati indahnya laut Raja Ampat, saya akan mencoba berbaur dengan masyarakat sambil menikmati keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Ditambah lagi di Pulau Salawati juga terdapat sebuah tempat sejarah peninggalan Perang Dunia II.

Nah, itulah tempat-tempat yang nantinya ingin saya kunjungi ketika berwisata ke Raja Ampat. Semoga saja saya dapat memenuhi impian yang satu ini dan apabila nanti saya diberikan waktu yang lebih, saya tak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat lain di Raja Ampat tentunya.


Keep dreaming, happy travels and leave no trash!

Komentar